Kiat Cerdas Berkampanye Di Depan Publik

Buku “Kiat Cerdas Berkampanye Di Depan Publik”

Gramedia Pustaka Utama

Tak berhenti berkarya, Charles Bonar Sirait kembali meluncurkan buku keduanya, yang bertajuk “Kiat Cerdas Berkampanye di Depan Publik. 100 Karakter Pemimpin yang Cerdas”.

Diharapkan, buku ini bisa jadi panduan bagi para generasi penerus bangsa yang ingin menjadi seorang pemimpin yang memiliki pemahaman yang kuat dan menguasai dasar-dasar berkampanye yang cerdas demi tercapainya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kokoh dan bersatu padu. Seiring dengan pesta demokrasi rakyat, Charles berkomentar tentang komunikasi kampanye politik yang terangkum dalam buku. “Siapa pun memiliki kesempatan untuk berbicara di depan publik. Keterampilan berbicara di depan banyak orang atau public speaking kini semakin penting, apalagi di dalam dunia politik karena salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan oleh Politisi adalah Berbicara,” paparnya.“Ini berarti setiap politisi berhak menggunakan gelar pembicara publik karena kemampuan itu dimiliki oleh setiap manusia.

Mampu atau tidaknya kita menjadi seorang pembicara hanya masalah tekad dan disiplin dalam mengembangkannya”, tambahnya.

Dalam bukunya kali ini, Charles menuliskan kesuksesan kampanye Presiden Amerika Serikat Barack Obama, sedangkan di tanah air buku ini mengulas banyak mengenai Presiden SBY. Sedikitnya 100 karakter Pemimpin tertuangkan di dalam buku ini. Pengamat Politik DR. Bima Arya Sugiarto menyatakan dalam kata pengantar bahwa, “Negeri ini dijejali oleh aktor-aktor politik diberbagai tingkatan yang mengadu peruntungan di panggung politik, namun belum banyak yang ditopang oleh rekam jejak yang memikat”.

Pemilu yang di dalamnya ada ruang untuk berkampanye adalah sarana yang efektif bagi para politikus untuk berbicara kepada konstituennya. Politikus yang bertanggung jawab agar bisa dipilih konstituennya harus siap jadi pembicara publik yang cerdas. Sayangnya, tidak semua Politikus memiliki pemahaman yang kuat dan menguasai dasar-dasar berkampanye yang cerdas. Mereka juga dianggap sebagian besar masyarakat hanya terseret arus euforia.

 

Kiat Cerdas Berkampanye Di Depan Publik

Modal Seorang Politikus dalam berkampanye dinilai Charles bukan hanya sekedar wajah, senyum, dan suara saja, namun juga kemampuan memimpin. Umumnya, pemimpin memiliki beberapa faktor keunggulan untuk menjadi pembicara publik, namun sayangnya banyak pemimpin yang telah lama ditunggu-tunggu ternyata mengecewakan publiknya karena kampanye-kampanyenya tidak cerdas. Cerdas ber-kampanye sekaligus berbicara di depan publik adalah pelengkap utama kesuksesan seorang pemimpin. John F Kennedy, Bung Karno, Martin Luther King, Barack Obama, Megawati, SBY, telah membuktikannya. Bagaimana dengan anda.

 

Dikemas dalam ukuran handy pocket (tidak terlalu besar) sehingga mudah untuk dibawa kemana saja, mulai 31 Maret 2009 buku ini sudah dapat diperoleh di seluruh toko-toko buku Gramedia terdekat di kota anda. Sekedar informasi, sebelumnya Charles pernah merilis buku National Best Seller yang berjudul ”The Power of Public Speaking” pada bulan Desember 2007 lalu.